Alasan Kenapa Aku tidak suka TVone

Di antara beberapa stasiun televisi di Indonesia terhitung ada dua stasiun televisi yang fokus acaranya pada berita, yakni Metro TV dan TV One. Diantara keduanya  hanya Metro TV yang saya anggap sebagai stasiun televisi berita yang benar-benar fokus dan profesional sedangkan TV One saya anggap sebagai salah satu Metro TV wannabe. Tulisan ini bukan untuk menguntungkan Metro TV karena saya tidak berkaitan sama sekali dengan Metro TV. Sedangkan mengapa tidak suka dengan TV One akan dijelaskan dengan menyertakan alasan-alasan berikut ini:

 

1. Porsi Berita Yang Berlebih

Sebagai sebuah stasiun TV berita memang sudah manjadi kewajaran jika mereka menyajikan berita-berita yang sedang hangat di masyarakat namun sekarang yang menjadi masalah adalah proporsi dari berita yang ditayangkan. Saya melihat bahwa TV One jika menayangkan sebuah berita, apalagi berita yang panas, akan sangat berlebih. Mereka bisa menghabiskan 1 jam penuh untuk menanyakan berita itu saja. Hal yang diberitakan pun beragam mulai dari yang penting sampai yang gak penting. Dan sering kali juga terjadi pengulangan berita-berita itu saja dalam setiap kesempatan.

2. Frekuensi Breaking News Yang Tidak Konsisten

Jika di Metro TV ada Breaking News maka di TV One ada Kabar Terkini yang tayang setiap 1 jam sekali. Namun tidak seperti Metro TV yang konsisten menayangkan Breaking News setiap 1 jam sekali selama 24 jam maka TV One hanya menayangkan Kabar Terkini sesuka hati, kadang bisa 1 jam sekali kadangkala sudah tengah malam atau ada acara lain mereka tidak menayangkannya. Ini bisa menjadi tanda bahwa mereka tidak terlalu cepat mendapat berita atau tertinggal beberapa langkah dari stasiun televisi tetangganya.

3. Pembawa Berita (Anchor) Yang Berlagak Seperti Detektif Investigasi

Kalau anda pernah menonton berita-berita atau acara dialog TV One anda pasti akan familiar dengan Alfito Deannova, Karni Ilyas dan satu lagi saya lupa namanya (namanya juga tidak ada di situs TV One). Mereka adalah penyiar TV One yang saya pikir aneh. Mereka seharusnya menjadi penyiar tapi kadangkalanya mereka bertindak seperti detektif terhadap nara sumber. Mereka melontarkan pertanyaan-pertanyaan yang menyudutkan nara sumber. Belum lagi mereka kelihatan sok, arogan dan merasa pintar sendiri. Saya sering sekali menonton acara yang dibawakan oleh mereka dan umumnya seperti menonton dialog investigasi polisi di ruang penyidikan. Tidak seharusnya seorang pembawa acara bersifat angkuh, sok dan merasa paling benar dalam mewawancarai nara sumber.

4. Iklan Yang Berlebih

Saya sadar bahwa TV One sekarang menjadi televisi yang berkembang dan banyak pihak yang mengiklankan produknya di sana oleh sebab itu maka akan banyak sekali iklan yang ditayangkan sebagai konsekuensinya. Namun jika iklan tersebut sudah kebanyakan maka TV One sama seperti televisi-televisi alay lainnya seperti Trans TV atau Trans 7. Tidak lucu jika lebih lama waktu iklan daripada beritanya.

Empat alasan utama itulah yang melatarbelakangi saya mengapa saya tidak suka dengan TV One. Sebenarnya masih banyak alasan-alasan yang lain namun lebih bersifat minor dan tidak terlalu urgent untuk ditulis. Jujur daripada harus menonton lebih baik saya menonton acara-acara Metro TV yang lebih berkualitas dalam penyajian berita, anchor yang profesional dan mutu acara yang sudah internasional.

Terlepas dari itu semua sudah sebaiknya TV One lebih peduli dengan mutu acaranya daripada hanya mencari kontroversi seperti kasus Andris Ronaldi si makelar kasus palsu yang sangat mencoreng reputasi TV One di tanah air.

 

0 Responses to “Alasan Kenapa Aku tidak suka TVone”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Roma Merda

ekolaziale

Kalender

Agustus 2011
S S R K J S M
    Sep »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Arsip


%d blogger menyukai ini: